Wajib Baca! Etika & Cara Snorkeling Untuk Pemula

Hai para traveler indonesia, sedang dimana kalian saat ini? Semoga selalu dalam keadaan baik ya, Amin. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman dan juga keresahan hati saya selama menjadi Tour Guide di Kalimantan Barat. Berbicara tentang tour guide Pontianak, tour guide Singkawang atau tour guide Pulau Lemukutan semua sudah pernah saya lewati, oleh karena itu sangat penting bagi para traveler, wisatawan atau tamu untuk tahu etika dan cara snorkeling untuk pemula yang baik dan benar.

Pada kesempatan ini kita akan lebih fokus dengan pengalaman saya sebagai tour guide di Pulau Lemukutan, karena Pulau Lemukutan adalah tempat snorkeling yang paling ramai di kunjungi oleh para wisatawan di Kalimantan Barat. Lemukutan merupakan sebuah pulau tempat wisata bahari di Kalimantan Barat yang cukup terkenal.

Baik, saya persembahkan khusus untuk para wisatawan sebuah tulisan berjudul: Etika & Cara Snorkeling Untuk Pemula.

Prima Adhitya Travel Blogger Indonesia
Nemo Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan

Jika kalian adalah wisatawan dari luar kalbar dan ingin mengunjungi tempat wisata di Pontianak dan tempat wisata di Mempawah atau wisata Singkawang yang terkenal itu, tepat! Pulau Lemukutan adalah pilihan terbaik. Sekitar 4 jam dari Kota Pontianak di sebelahnya ada Pulau Randayan yang indah dan Pulau Kabung tempat snorkeling favorit saya karena masih jarang diketahui masyarakat, jadi keindahan alam bawah lautnya masih sangat terjaga!

Pulau tempat wisata bahari di Kalimantan Barat yang paling terkenal menurut saya adalah Pulau Lemukutan, Pulau Randayan, Pulau Temajo dan Pulau Kabung. Oh iya, pulau temajo adalah tempat wisata di mempawah yang terkenal saat ini. Just info ya, lebih lengkapnya kita bahas nanti. Pas Ngopi, cmiwiw.

Kalimantan Barat terkenal dengan rimba dan budaya, iya betul. Slogan atau tagline itu pun di sematkan pada branding pariwisata Kalimantan Barat. Tapi jangan lupakan keindahan alam bawah lautnya yang sangat luar biasa ini, saya rasa jika kalian snorkling atau diving di Pulau Lemukutan tagline itu seolah-olah hilang dari ingatan. Hahaha, rasain sendiri..

Penting bagi kita sebelum snorkeling untuk tahu apa saja etika dan cara snorkeling yang baik dan benar. Langsung kita bahas ya..

Prima Adhitya Lifestyle Travel Blogger Singkawang
Prima memberikan edukasi kepada wisatawan

Etika Snorkeling

Menurut saya hal pertama yang wajib para wisatawan ketahui sebelum snorkeling adalah Etika Snorkeling itu sendiri. Jadi, snorkeling tidak sembarangan ya teman-teman ada etikanya. Apa saja etika snorkeling itu? ini dia..

Jangan Menyentuh Karang

Waktu pertama kali menjadi guide di Pulau lemukutan banyak sekali saya temukan para wisatawan yang menyentuh karang ketika snorkeling, beruntung jika tidak patah, namun banyak juga yang patah, kacau!

Hal ini di sebabkan oleh para guide yang membawa tidak mengedukasi wisatawan terlebih dahulu atau mungkin guide ini juga belum teredukasi. Mereka tidak sadar, karang hanya tumbuh 1 cm selama satu tahun. Bayangkan yang mereka hancurkan secara tidak sengaja itu berapa cm dan perlu berapa tahun untuk memperbaikinya? Hitung sendiri ya..

Hindari Memberi Makan Ikan

Selain itu, ada juga wisatawan yang membawa roti untuk memberi makan ikan. Kalau bisa jangan, karena itu menyebabkan ikan berubah pola makannya. Ikan akan terbiasa menunggu roti yang di berikan wisatawan dan tidak makan seperti ikan normal lainnya. Hal lebih parah adalah ketika seorang guide menyiapkan roti untuk wisatawannya. Hahaha

Jangan Buang sampah Ke Laut

Tolong, dengan sangat hormat saya mohon kepada wisatawan semuanya Jangan Buang Sampah Ke Laut. Selain merusak pemandangan, ini akan menyebabkan kerusakan pada biota laut mulai dari paling kecil sampai paling besar. Sudah banyak video yang memperlihatkan kerusakan laut karena sampah, belum sadar juga?

Jangan Ambil Kima (Kerang Raksasa)

Saya info kepada kawan-kawan semua bahwa kima atau kerang raksasa sekarang sudah di lindungi. Banyak masyarakat yang berdalih “dulu kami makan tidak masalah kok”, iya itu dulu sewaktu belum ada penelitian dan jumlahnya masih banyak. Karena Kima dimakan dalam jumlah banyak dan tidak di kembang biakkan, sekarang jumlahnya menjadi sedikit dan sangat di lindungi. Ingat ya.

Jangan Ambil Nemo

Hal paling parah lainnya adalah wisatawan yang mengambil Nemo di Laut untuk di bawa pulang dan dipelihara. Abang, saya beri tahu ya, memelihara nemo tidak semudah yang kamu bayangkan. Selain itu hewan ini di Lindungi. Pernah kejadian wisatawan mengambil nemo dan di bawa pulang. Hal ini membuat para penggiat wisata bahari di Kalimantan Barat heboh, karena guide tidak melarang.

Jangan Pakai Sunblock Didalam Air

Ini kesalahan fatal yang paling sering dan tidak disadari oleh para petualang cantik, wisatawan wanita. Tolong ya kakak, di air cantik semua kok. hehehe.. Jika mau menggunakan sunblock pakailah 3 jam sebelum snorkeling.

Kurang lebih itu adalah etika snorkeling menurut saya, catat baik-baik ya. Sekarang kita bahas tips dan cara snorkeling untuk pemula. Lanjut..

Prima Adhitya Lifestyle Travel Blogger Singkawang
Prima memberikan arahan kepada wisatawan.

Tips & Cara Snorkeling Untuk Pemula

Pernah saya dapat pertanyaan ketika membawa tamu, bagaimana cara snorkeling bagi yang tidak bisa berenang? Saya langsung ambil baju pelampung atau life jaket, kemudian saya tunjukkan dan bilang : kan ada ini. Hehehe.. Sambil bercanda. Karena itu, saya akan berikan informasi tips dan cara snorkeling untuk pemula berikut ini :

  1. Cek Peralatan dan Cara Pemakaian
  2. Snorkeling Berdekatan
  3. Latih Bernafas Dengan Snorkel
  4. Jangan Panik
  5. Tenang dan Senyaman Mungkin Di Dalam Air
  6. Perhatikan Keadaan Sekitar
  7. Belajar Masker Clearing dan Snorkel Clearing
  8. Tetap Menjaga Kelestarian Alam Bawah Laut

Itulah tips dan cara snorkling untuk pemula yang wajib wisatawan ketahui. Oleh karena itu peran seorang tour guide itu sangat di perlukan, selain memandu wisatawan tujuannya adalah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan kepada Alam dan Manusia itu sendiri. So, jangan sampai ada kata yang keluar dari wisatawan “Kalau cuma guide aja, kami juga bisa” ya. Pelajari dulu, sudah sadar pentingnya seorang tour guide dan cara snorkeling yang baik dan benar? Syukurlah kalau sudah ya.

Nah, bagi kalian yang ingin berwisata ke Pulau Lemukutan, saya rekomendasikan untuk ikut tour bersama Amazing Singkawang (Spesialis Tour & Outbound) di Indonesia. Selain Pulau Lemukutan masih banyak paket wisata pulau lain yang mereka sediakan, seperti Pulau Randayan, Pulau Kabung dan Pulau Temajo loh! Buruan pesan..

Baca juga perjalanan saya bersama Blogger Indonesia ketika mengunjungi Wisata Palembang.

Semoga tulisan ini kalian share, agar lebih banyak masyarakat yang teredukasi. Amin.
Saya tunggu komentarnya ya.. Jangan lupa di bagikan!

Keep Learning, Sharing and Travelling!

2 Comments

    • Prima Adhitya Reply

      Nah, syukurlah kalau udah tau πŸ™
      Semoga banyak yang tau ya..

Leave A Reply

Navigate