google-site-verification=vOI1W1ngmGCC5xpd7tpGZ8He5Pm9hBidC3SIeh4MIhA Puisitografi : Jenis Puisi Baru Di Indonesia - Blog and Life

Puisitografi : Jenis Puisi Baru Di Indonesia

Sebelum membahas Puisitografi ada baiknya kita mengetahui siapa pencetus karya seni atau jenis puisi baru di Indonesia ini. Teman-teman penulis perlu tahu Puisitografi berbeda dengan Puisi Tipografi, lebih lengkapnya akan di jelaskan selanjutnya.

Prima Adhitya kelahiran Singkawang, 30 Mei 1993. Aktivis seni dan budaya Kalimantan Barat. Pernah belajar di SDN 05 Pemangkat, SMPN 7 Singkawang, SMAN 1 Singkawang, Kemudian melanjutkan di Politeknik Negeri Pontianak.

Juara lomba puisi tingkat Nasional. Selain pernah dimuat di berbagai media dan disiarkan secara langsung di radio lokal Kalimantan Barat, karya-karyanya juga cukup sering ditampilkan di beberapa event seni di Kalimantan Barat. Aktivis seni yang Nyeleneh ini selalu membuat orang terkejut dengan karya yang dibuatnya, salah satu contoh adalah “Puisi Berlatar Tari” dengan judul Petake Si Bujang Dare yang pernah ditampilkan dalam acara peringatan Hari Bumi di Kota Singkawang.

Awal mula puisitografi lahir karena hobi yaitu menulis puisi dan fotografi. Setelah aktif menulis puisi dan memotret, sampai pada akhirnya mendapatkan feel atau merasakan bahwa di setiap foto dan puisi yang dibuatnya seperti ada kesinambungan dan muncullah ide untuk menggabungkan keduanya. Kemudian lahirlah Puisitografi: jenis puisi baru di indonesia.

penulis puisi prima adhitya

Puisitografi

Puisitografi berasal dari kata Puisi dan Fotografi yang dimana saya artikan Puisitografi adalah proses pembuatan sebuah gambar/foto dan tulisan karya sendiri yang terlahir ketika pelaku seni melihat dan merasakan sebuah foto serta menuliskannya, sehingga foto dan tulisan tersebut mempunyai arti atau makna.

Puisitografi juga bisa diartikan sebagai proses penggabungan antara foto dan puisi milik seseorang untuk menghasilkan sebuah karya baru yang memiliki arti atau makna yang tidak jauh berbeda atau sama.

– Prima Adhitya –

Pendahulu :
Ida Bagus Darmasuta (Bali), Arik S. Wartono (Gresik) dan Henry C. Widjaja (Jakarta)

penulis puisi terkenal prima adhitya

Demikian penjelasan singkat saya tentang Puisitografi untuk lebih lengkapnya mungkin kita bisa bertemu dan bahas bersama-sama agar karya ini semakin baik kedepannya. Amin.

Tanpa dukungan teman-teman semua, kami bukanlah apa-apa.
Jika ada yang ingin berdiskusi bisa tinggalkan komentar di bawah, dengan segala hormat saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Keep Learning, Sharing and Travelling!

Leave A Reply

Navigate