Bisa Sembuh: Kenali Gejala dan Ciri-Ciri Virus Corona

Saat ini virus corona memang meresahkan seluruh masyarakat Indonesia, bahkan semua orang di dunia. Sejauh ini pada tanggal 30 April 2020 di Kota Singkawang tercatat dua orang positif corona, sedangkan di seluruh Indonesia jumlahnya sekitar 9.771 orang positif corona. Data ini berdasarkan penyampaian juru bicara pemerintah dr Achmad Yurianto pada konferensi pers BNPB. Mengejutkan? Iya, tapi kita tidak perlu takut, cukup waspada saja. Cuci tangan sesering mungkin, jaga kesehatan dan pola makan, selain itu sebisa mungkin untuk menjaga jarak. Jangan hanya melihat data pasien positif ternyata banyak juga pasien virus corona yang sembuh, sejauh ini total 1.391 orang sembuh dari virus ini, inilah kabar bahagianya. Untuk menambah pengetahuan kita tentang gejala dan ciri-ciri virus corona, saya akan menuliskannya secara detail agar kita tetap waspada dan pintar dalam menyikapi virus ini, mau? Baik, akan saya jelaskan sedetail mungkin ya.

Gejala dan Ciri-Ciri Virus Corona

Siapa Beresiko Terkena Infeksi Virus Corona? Tentu saja siapapun dapat terinfeksi virus corona, namun yang lebih rentan adalah orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah seperti lansia, bayi dan anak-anak.

Apa yang menyebabkan orang terinfeksi? seperti virus lain juga, biasanya infeksi di sebabkan oleh percikan air liur atau bersin, adanya sentuhan tangan dan wajah dengan orang yang terinfeksi, menyentuh mata, hidung dan mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur dari positif corona dan juga kotoran tinja atau feses namun jarang terjadi.

Khusus covid19 masa inkubasi belum di ketahui, namun rata-rata gejala timbul sekitar 2-14 hari setelah virus pertama masuk kedalam tubuh. Sebenarnya virus corona memiliki bermacam-macam gejala tergantung jenis virus dan seberapa serius infeksi yang terjadi. Rata-rata gejala yang timbul antara lain: Hidung beringus, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, demam dan merasa tidak enak badan.

Untuk gejala yang cukup parah karena infeksi yang menyebabkab bronkitis dan pneumonia antara lain adalah demam yang sangat tinggi, batuk berlendir, sesak nafas, nyeri dada atau sesak nafas saat batuk. Infeksi akan semakin parah apabila virus corona menyerang orang dengan penyakit jantung dan paru-paru, serta memiliki ketahanan tubuh yang lemah.

Pengobatan Infeksi Virus Corona

Sebelum melakukan pengobatan, kami sangat menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke Dokter terdekat. Dokter akan melakukan diagnosis terlebih dahulu biasanya di awali dengan wawancara medis. Dokter akan menanyakan seputar keluhan dan gejala yang di alami pasien, kemudian melakukan pemeriksaan darah, dahak dan swab tenggorokan jika memang memiliki gejala terinfeksi virus corona.

Tidak ada perawatan khusus untuk mengatasi virus corona, umumnya pengidap akan sembuh dengan sendirinya. Namun, ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk meredakan gejalanya. Minum obat untuk mengurangi rasa sakit, batuk dan demam. Mandi air panas untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk, perbanyak istirahat, perbanyak asupan cairan tubuh, jika merasa khawatir dengan gejala yang di alami, segera hubungi penyedia layanan kesehatan terdekat.

Pencegahan Virus Corona

Memang sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah virus corona, namun setidaknya ada beberapa cara agar kita terhindar dari virus ini. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik, hindari menyentuh wajah, mulut dan hidung jika belum cuci tangan, Jaga jarak dengan orang yang sakit, jangan menyentuh hewan atau unggas liar, bersihkan dan sterilkan benda-benda yang sering di gunakan, tutup hidung dan mulut ketika bersin dengan tisu, kemudian buang tisu. Jangan keluar rumah dalam keadaan sakit, gunakan masker dan berobat ke rumah sakit terdekat jika ada gejala sakit saluran pernafasan.

Prima Adhitya Lifestyle Travel Blogger Singkawang

Konsultasi Online Dengan Dokter

Jika kalian memiliki gejala dan ciri-ciri virus corona, segera hubungi dokter terdekat. Sekarang konsultasi dengan dokter jadi lebih mudah, kita bisa konsultasi online. Mengapa perlu bertanya dulu sebelum kerumah sakit? karena para dokter akan mendiagnosis awal apakah kita benar-benar terkena gejala dan ciri-ciri virus corona atau tidak. Jika memang perlu, dokter bisa langsung memberikan rujukan ke rumah sakit khusus corona terdekat dari tempat tinggal kita. Tunggu apalagi, konsultasi gratis dengan dokter di Halodoc dan pelajari lebih lengkap ciri-ciri virus corona, sekarang!

Semoga wabah virus ini cepat berlalu dan kita bisa Travelling lagi, Amin.
Baca tulisan saya sebelumnya: Tips Amal Terus Mengalir.

Keep Learning, Sharing and Travelling!

2 Comments

  1. Huhuuu… Saya pun kangen pengen traveling lagi. Semoga pandemi ini segera berakhir yaa.

    Btw saya pun udah donlot app Halodoc, membantu banget dengan informasinya.

    • Prima Adhitya Reply

      Terima kasih kak, semoga bisa Travelling bareng ya!
      Kalau sakit tinggal konsul pake App nya..

Leave A Reply

Navigate