Sangat Memukau! Inilah Batik Shadow Singkawang 2019

Hai sobat wisata singkawang, kali ini ada yang Sangat Memukau! Inilah Batik Shadow Singkawang 2019. Teman-teman ada yang sudah pernah dengar batik shadow? belum. Iya, masih jarang terdengar memang. Oleh karena itu saya menulis artikel ini, tujuannya untuk mengenalkan Batik Shadow kepada teman-teman semua.

Pertunjukan Batik Shadow ini hadir dalam rangka memeriahkan event Classic To Millennial Performance pada tanggal 26 – 27 Oktober 2019 di Mess Daerah Singkawang dan Pusat Informasi Pariwisata (PIP) Singkawang. Sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional dan HUT Pemkot Singkawang. Priska Yeniriatno merupakan penggiat batik sekaligus pemilik brand Kote Singkawang, salah satu galery yang menjual batik dan souvenir khas Kota Singkawang. Batik lebih dikenal di Pulau Jawa, namun berkat tangan Priska Yeniriatno hadirlah Batik Singkawang. Saat ini priska sedang mengelola kampung wisata batik singkawang yang tersebar di tiga wilayah yaitu di sedau, nyarumkop dan cisadane.

Prima Adhitya Lifestyle Travel Blogger Singkawang
Proses Pembuatan Batik Shadow Singkawang

Asal Mula Batik

Apakah teman-teman sudah tahu asal mula batik? Batik yang berasal dari kata amba nitik yang artinya adalah menorehkan titik-titik, pada saat itu bahan dasar batik menggunakan kain putih yang ditenun sendiri. Sedangkan untuk warnanya terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar, seperti pohon mengkudu, kunyit, soga, dan nila. Sedangkan soda itu sendiri terbuat dari soda abu dan garamnya terbuat dari lumpur. Sejauh ini belum di ketahui asal mula batik itu dari mana asalnya. Namun batik telah di akui oleh UNESCO sebagai warisan budaya luhur milik indonesia. Kain batik pada awalnya dikenakan oleh kaum bangsawan, namun pada saat ini batik boleh di gunakan oleh siapa saja, seiring perkembangan zaman.

Prima Adhitya Lifestyle Travel Blogger Singkawang
Pertunjukan Batik Shadow Singkawang

Pertunjukan Batik Shadow Singkawang

Nah, hal menarik lain adalah sekarang sudah ada Batik yang menjadi pertunjukan yaitu Batik Shadow. Batik Shadow adalah pertunjukan khusus (special performance) dengan mempertontonkan proses pembuatan batik mulai dari pencantingan sampai pewarnaan dengan metode semprot, dimana pembatik berada di balik kain yang besar & panjang, sehingga yang terlihat hanya bayangan (shadow) pembatik saja. Konsep pertunjukkan ini seperti wayang, khususnya wayang orang dengan permainan lampu sehingga pertunjukkan menjadi lebih menarik.

Pada saat pertunjukan, terlihat dengan jelas icon-icon wisata singkawang seperti Tugu Naga, Masjid Raya, Gereja Santo Fransiscus Asisi, Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Selain itu juga di hadirkan Wayang Naga, Burung Enggang dan Wayang Tidayu (Tionghoa, Dayak, Melayu). Warna-warna yang ditumpahkan oleh Nurohmad, seniman Batik Shadow dari Yogyakarta itu sangat memukau mata penonton. Disertai alunan musik tradisional khas singkawang menggunakan alat musik sape’ dan puisi karya Frino Bariarcianur yang menggambarkan Singkawang dengan sangat jelas, menambah kemeriahan pertunjukan Batik Shadow Singkawang ini.

Untuk lebih lengkap sobat wisata singkawang bisa menyaksikan video batik shadow singkawang 2019 secara lengkap di sini.

Lihat event paling menarik dan unik lainnya di singkawang, yaitu Cap Go Meh. Selain itu baca juga tentang kemeriahan WOSE 2019

Jika ada yang perlu kita diskusikan, silahkan tinggalkan komentar.
Share artikel ini, agar lebih bermanfaat!

Keep Learning, Sharing and Travelling!

Leave A Reply

Navigate